Senin, 20 Agustus 2012

Bebatuan Unik Berbentuk Menara Kastil di Turki Gan...!



Bebatuan Unik Berbentuk Menara Kastil




Sungguh ajaib, cara alam membentuk bebatuan menjadi wujud yang unik. Jika berlibur ke Goreme di Turki, ada bebatuan raksasa tinggi menjulang berbentuk seperti menarakastil. Luar Biasa!
Jika bertandang ke Turki, sempatkanlah ke Kota Goremedi Cappadocia. Di sana terdapat sebuah kawasan yang berisi bebatuan seperti menara kastil. Bebatuan ini terbentuk dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.




Beribu tahun lalu, kawasan ini merupakan daerah bebatuan. Kemudianterkena erosi dari angin dan air, sehingga kini jadilah sebuah bentuk unikseperti menara kastil. Bagian atas batu cenderung lebih keras dan kuat,demikian ditengok dari situs resmi Cappadocia.

Sedangkan, bagian bawah batu lebih mudah pecah dan rentan.Formasi batuini sungguh akan membuat siapapun yang melihat berimajinasi bahwabentuk tersebut terlihat seperti di negeri dongeng. Bebatuan yang bernama FairyChimneys atau cerobong asap negeri peri ini berada di tengah Kota Goreme dansudah menjadi taman nasional.




Sebenarnya, Turki memiliki banyak formasi bebatuan seperti ini. Bebatuanjenis ini tersebar di Lembah Uchisar di Urgup, Delta Avanos, di sekitar KotaCat in Nevhesir dan beberapa kota lain di Turki. Namun yangmewakiliimajinasi negeri dongeng adalah Fairy Chimneys yang berada di Goreme.

Selain sudah menjadi taman nasional, formasi bebatuan ini juga sudahmasuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Berjalan-jalan di sekitarbebatuanjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat sedang liburan di sini. Dikota yang terbilang kecil ini juga terdapat penyewaan sepeda dan motor.


Jika tak ingin bersusah mengendarai kendaraan, para pelancong bisamenggunakan bis umum untuk berkeliling kota. Tak hanya formasi batuyangjadi poin utama, matahari sorenya pun tak kalah memesona. Nikmati cahayamentari sore yang menerobos bebatuan. Fenomena alam ini akan menjadi penutuphari yang indah di Goreme.


sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15611780

0 komentar:

Poskan Komentar